Selasa, 03 Juni 2014

BERBAUR DENGAN ALAM DI PULAU PEUCANG UJUNG KULON

Pulau Peucang yang terletak di Selat Panaitan Kabupaten Pandeglang Propinsi Banten atau berada di sebelah timur Taman Nasional ujung Kulon ini menjadi tujuan selanjutnya setelah mengunjungi taman nasional Ujung Kulon.

Berbagai satwa liar yang masih menghiasi keindahan seperti Rusa, Banteng Jawa, Merak Hijau, Lutung dan Biawak bisa kita temui sembari berkano menyusuri sungai Cigenter. Tracking di padadang savana Cidaon sembari menikmati pengembalaan Banteng  Jawa.

Pasir putih dan birunya air laut pun akan menjadi pemandangan indah  sepanjang mata memandang. Selain keindahan pantai, di Pulau Peucang juga terdapat hutan tropis yang menjadi tempat hidup flora seperti Merbau, Palahlar, Bungur dan Cerlang. Dan tidak hanya bisa menginap di sebuah penginapan, para wisatawan juga bisa menginap di tengah alam atau yang disebut camping, Cibom merupakan area Camping Ground yang memang sudah dipersiapkan bagi yang hobi camping.

Air Pantai yang begitu tenang dan landai pasir pantai yang putih, air laut yang biru dan karang bawah laut yang kaya raya membuat kita dapat berenang sampai jauh, menyelam ataupun sekedar snorkling menikmati kesejukan air dan berbagai flora dan fauna yang terdapat dibawah air.

Salah satu daya tarik di Pulau Peucang ini adalah Karang Copong yaitu sebuah karang mati besar yang berlubang (copong) yang dapat kita temui di bagian utara pulau. Lokasi ini dapat kita jangkau dengan berjalan kaki. Tempat ini menjadi favorit untuk menyelam karena keindahan dasar laut dan keanekaragam ikannya. Juga menjadi tujuan bagi wisatawan yang menyukai memancing.

Nama Pulau Peucang diambil dari nama siput yang dapat ditemui saat menginjakan kaki di pantai. Tetapi penduduk setempat nama peucang diambil dari bahasa sunda yang berarti Kancil.

Perjalanan alangkah baiknya menggunakan mobil pribadi yang menempuh jarak lebih dari 8 jam dari Jakarta lalu menyeberang sekitar 1 jam untuk sampainya di Pulau Peucang atau melalui Desa Sumur dapat ditempuh dengan waktu sekitar 7 jam dari Jakarta melalui jalur Serang-Pandeglang-Labuan dengan kondisi jalan yang kurang bagus selepas pintu tol Serang. Menyebrang ke pulau Peucang memakan waktu sekitar 3 jam dari Desa Sumur dengan kapal / perahu.

Jangan khawatir apabila akan menginap di Pulau Peucang, sudah banyak terdapat penginapan-penginapan yang dapat disewa dengan berbagai harga menurut fasilitas kamar.
Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar