Rabu, 16 Juli 2014

MENIKMATI KESEJUKAN DAN PEMANDANGAN ALAM DI HUTAN WISATA KALIBIRU YOGYAKARTA

Desa Wisata Kalibiru di Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta memiliki hutan yang sangat hijau dan memiliki potensi sebagai tempat pariwisata. Hutan tersebut adalah hutan hasil pengelolaan masyarakat setempat. Pasalnya daerah Kalibiru dulunya di tahun 1950-an merupakan hutan lindung yang subur, alami dan memiliki pepohonan yang besar. Namun seiring berjalannya waktu hingga tahun 1997, hutan Kalibiru yang subur tersebut mulai tandus dan gersang akibat penebangan hutan secara liar. Karena itulah masyarakat sekitar bergotong-royong untuk menanami pohon dan merawatnya agar hutan Kalibiru kembali hijau dan subur.

Lebih dari 35 tahun berlalu setelah masyarakat merawat hutan Kalibiru, perkembangan pesatpun terjadi hingga muncul beberapa sumber mata air di hutan tersebut. Karena hutan sudah kembali subur dan hijau, maka hutan Kalibiru dibuka sebagai objek hutan wisata yang indah dan menyajikan pemandangan yang menakjubkan.
Berada pada ketinggian 450 mdpl, wisatawan dapat melihat pemandangan dari bukit yang terdapat di Hutan Wisata Kalibiru. Di bukit tersebut terdapat gardu pandang dimana wisatawan dapat melihat pemandangan hijau yang membentang dan waduk sermo yang tidak jauh dari area hutan. Jika cuaca sedang cerah, pengunjung dapat melihat Gunung Merapi dan pantai selatan. Udara yang sejuk juga memberikan nilai tambah objek wisata ini. Dimana wisatawan akan dimanjakan dengan suasana alam yang segar sehingga cocok sebagai tempat untuk melepaskan penat dan stres selama bekerja diperkotaan yang panas dan penuh polusi udara.

Selain pemandangan alam dan perbukitan yang hijau, di Hutan Wisata Kalibiru juga terdapat area outbound, jalur untuk tracking dan flying fox. Pada pos flying fox yang terdapat di atas pepohonan merupakan salah satu spot yang bagus untuk mengambil gambar. Degan panjang 85 meter dan 50 meter, wisatawan dapat memilih flying fox yang akan dicoba. Tidak jauh dari Wisata Alam Kalibiru, terdapat Waduk Sermo yang cukup indah untuk dinikmati. Waduk Sermo merupakan salah satu tujuan wisata alam yang cukup mengasikkan.

Lepas dari hutan wisata, sosial budaya masyarakat Kalibiru juga mengundang daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Hal tersebut karena warga desa setempat hidup rukun dan selalu bergotong-royong dalam melakukan sesuatu. Gaya hidup yang ramah, santun dan penuh dengan kekeluargaan membuat pengunjung semakin takjub dan sekaligus menambah pengetahuan tentang pentingnya bersosialisasi. Seni tradisional juga masih di pegang dan dikembangkan oleh warga Kalibiru sehingga menambah eksotisme bagi wisatawan yang berkunjung. Beberapa wisata lain yang dapat dilakukan di Wisata Alam Kalibiru yaitu outbound training, wisata pedesaan, witasa budaya, wisata pendidikan, wisata keluarga, wisata tracking dan wisata terapi alam.

Objek Hutan Wisata Kalibiru berada di perbukitan Menoreh, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Dari kota Yogyakarta, Hutan Wisata Kalibiru berada di sebelah barat kota Yogyakarta, berjarak 40 km dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1 sampai 1,5 jam.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar