Rabu, 26 Maret 2014

Wisata Indonesia

Umbul Ponggok, Surga Snorkling Air Tawar

Snorkling yang selalu berdekatan dengan laut, kadang membuat orang awam yang jarang atau hobi menyelam akan sedikit ragu untuk melakukan hal itu dikarenakan akan jauhnya pantai dan peralatan snorkling yang mahal. Tetapi di Umbul Ponggok yang terletak di Desa ponggok Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten Jawa tengah ini akan sedikit mengobati rasa keinggintahuan dan penasaran rasa snorkling. Karena di Umbul Ponggok ini terdapat permandian yang dibawahnya menyerupai keindahan didasar laut.
Umbul Ponggok adalah sebuah permandian yang berasal dari mata air alam. Nama Umbul Ponggok sendiri diambil dari Umbul yang artinya mata air berasal dari bahasa jawa dan Ponggok diambil dari daerah tempat umbul itu berada. Kolam dengan ukuran panjang lebih dari 70 m dan lebar sekitar 40 m dengan kedalaman anatara 1 meter hingga 4 meter ini memilki keunikan didalam dasar air. Setelah kita menceburkan diri ke air dan menyelam, keunikan nyata akan kita temui. Dari air yang bening dan sejuk, berbagai ikan berenang diantara kita serasa kita menyelam di bawah laut.
Air didalam Umbul Ponggok ini terus mengalir, terdapat sumber mata air dari dasar kolam dan dialirkan melalui sungai membuat kolam ini terus jernih dan tidak berbau walaupun banyak terdapat ikan didalamnya. Kalau kita snorkling di laut kita akan menemui terumbu karang yang berwarna warni, tetapi di umbul ini akan menui batu coral yang bervariasi dari ukuran kecil sampai besar. Berbagai macam ikan tawar berwarna warni dan berbagai ukuran pun akan kita temui dan menjadi daya tarik tersendiri. kita dapat bermain dan berfoto dengan mereka yang kebanyakan ikan didalamnya jinak karena selalu bersinggungan dengan manusia. Didasar kolampun dapat kita temui keindahan lainya. Yaitu, mata air berasal dari bawah kolam yang menjadikan gelembung-gelembung kecil yang indah dilihat oleh mata.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar