Kamis, 27 Maret 2014

Sensasi berenang bersama ubur-ubur di Danau Kakaban

Ternyata di Indonesia masih memiliki wisata alam predikat dunia. Yaitu Danau ubur-ubur Kakaban yang terdapat di Pulau Kakaban di pesisir Timur Pulau kalimantan  masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Kenapa berpredikat dunia? Karena Danau Kakaban adalah danau ubur-ubur terbesar di dunia.
Pulau ini memiliki panjang 6 km, lebar 2,5 km, dan  luas 774,20 ha. Sedangkan danau Kakaban memiliki panjang 2,6 km, lebar 1,5 km, luas sekitar 390 ha dengan kedalaman maksimum 11 m. Danau ini berisi air payau yang terbentuk akibat karang yang naik di atas permukaan laut dengan ketinggian hingga 50 meter. Kemudian, karang ini membuat sejumlah air  laut terperangkap, dan terbentuklah danau. Proses terjebaknya air laut diikuti oleh sejumlah biota yang ada di dalamnya.
Keunikan Danau Kakaban ini dihuni oleh ribuan ubur-ubur yang tidak menyengat karena evolusi dari dahulu menjadikan ubur-ubur tersebut tidak mempunyai bisa dan tentakel-tentakelnya memendek. Tercatat ada 4 jenis ubur-ubur penghuni Danau Kakaban. Yaitu, ubur-ubur Bulan, ubur-ubur Trotol, ubur-ubur Kotak dan ubur-ubur Terbalik. Yang paling unik adalah ubur-ubur terbalik, karena ubur-ubur ini  berada di dasar danau dengan tentakel menghadap ke atas. Suatu hal yang aneh, karena biasanya ubur-ubur berada di atas dengan tentakel menghadap ke bawah.
Danau Kakaban merupakan salah satu surga snorkling/menyelam, keindahan bawah danau yang menyerupai laut dan sensasi berenang bersama ubur-ubur. Dan Danau sejenis Kakaban cuma ada di dunia, Danau tersebut bernama “ JellyFish lake ”atau danau ubur-ubur yang terletak di kawasan laut tenggara Pasifik, Mikronesia.

#Amazing Indonesiahttp://www.travelindonesia.org

Tidak ada komentar :

Posting Komentar