Jumat, 16 Oktober 2015

Menyusuri Keindahan Sungai Citumang Ciamis Jawa Barat

Sungai Citumang terletak di pedalaman sebuah hutan yang masih rimbun dan hijau, mengalir sebuah sungai yang mempunyai warna kebiruan. Suasana alam yang sangat jauh dari perkotaan membuat wisata ini sangat digemari untuk melepas beban penat sehari-hari. Hanya suara alam dan suara gemericik air yagn akan kita dengarkan bila berada disini. Tepian sungai yang terdiri dari ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alam dan aliran sungai yang menembus ke dalam goa.

sungai citumang ciamis jawa baratMenurut warga sekitar, nama Citumang berasal dari legenda tentang seekor buaya buntung, Si Tumang. Begitu kuatnya kepercayaan penduduk akan kehadirna buaya buntung tersebut sehingga sampai sekarang meninggalkan nama yang melekat kuat menjadi nama sungai. Versi lain kisah Citumang, berasal dari Cai (Bahasa Sunda = air) yang numpang (cai numpang) yang berkaitan dengan adalah air sungai yang mengalir di bawah tanah. Kata cai numpang ini seiring Air yang bening menanti Andaperjalanan waktu lama-lama berubah menjadi Citumang.

Beda dengan Green Canyon, Sungai Citumang ini tidak mempunyai aliran yang deras. Sunagi Citumang sungai citumang ciamis jawa baratini airnya mengalir tenang, sehingga anak-anak pun dapat bermain bebas di sungai pada daerah-daerah tertentu yang dangkal. Aktifitas biasanya untuk menikmati keindahan sepanjang Sungai Citumang dengan Body Rafting secara berkelompok. Namun faktor cuaca juga mempengaruhi kegiatan disini, apabila waktu hujan debit air akan naik dan aliran menjadi deras.

#OnlyIndonesia #JawabBarat #Ciamis

Tidak ada komentar :

Posting Komentar