Kamis, 01 Mei 2014

Binatang Langka Asli Indonesia Yang Hampir Punah

Begitu banyak binatang asli indonesia yang cantik dan menawan. Tetapi populasinya hanya tinggal beberapa ekor.
Berikut sebagian binatang langka asli Indonesia :
1.      Komodo
Reptil besar ini bisa mencapai ukuran panjang sampai 3 meter dan berat bisa mencapai 900 kg. Secara alami ditemukan di Pulau Komodo NTT. Kadal Raksasa ini dapat mencium bangkai atau mangsa yang sekarat sejauh 9,5 km.
2.      Badak Bercula Satu
Adalah salah satu hewan langka khas indonesia. Walau sekarang sudah tidak banyak, hanya sekitar 50 ekor saja dapat ditemukan di hutan ujung kulon. Merupakan hewan herbivora pemakan daun-daunan.
3.      Tarsius Tumpara
Dijuluki sebagai primata terkecil di dunia. Mempunyai berat tubuh antara 80 – 140 gram dan panjang cuma 12 – 15 cm cukup layak bila disebut primata terkecil. Walaupun mempunyai sepasang mata yang besar yang ukurannya melebihi volume otaknya tapi hanya dapat digunakan pada malam hari saja. Mirip dengan burung hantu. Kepulauan Riau, kepulauan kalimantan dan sumatera bagian selatan juga tenggara adalah habitat aslinya.
4.      OrangUtan
Ciri khas hewan langka ini ialah mempunyai rambut yang begitu panjang dibandingkan jenis kera lain. Buah-buahan adalah makanan utama dan juga kesukaannya. Di indonesia, wilayah penyebarannya adalah dataran rendah juga hutan hujan tropis di pulau Kalimantan.
5.      Harimau Sumatera
Harimau Sumatera memiliki tubuh yang relatif paling kecil dibandingkan semua sub-spesies harimau yang hidup saat ini. Provinsi Riau adalah rumah bagi sepertiga dari seluruh populasi harimau Sumatera.
6.      Anoa
Sekilas lebih mirip kambing dengan ukuran yang besar. Yang membedakan dengan kambing selain ukuran tubuhnya yang besar adalah adanya tanduk runcing yang mencapai 30 cm panjangnya. Adalah termasuk mamalia yang mempunyai kuku genap. Mempunyai habitat asli di wilayah sulawesi.
7.      Burung Elang Jawa
Mempunyai bentuk yang gagah, sayang populasinya hanya tinggal 250 ekor saja. Tersebar hampir merata di sekitar hutan di pulau jawa seperti di gunung slamet, gunung salak, gunung anjasmoro, gunung kawi, taman nasional baluran, Gunung Merapi, taman nasional alas purwo taman nasional gunung halimun, taman nasional gede pangrango dan taman nasional muara betiri.
8.      Babi Rusa
Buah-buahan, tumbuh-tumbuhan, jamur dan dedaunan merupakan makanan yang biasa disantap sehari-hari. Mempunyai taring yang mencuat keluar sebagai tameng mata dari duri dan rotan ketika mereka mencari makan. Habitatnya meliputi pulau sulawesi, kepulauan maluku dan sekitarnya.

Jadi, Apakah teman-teman akan peduli kepada mereka?Adakah binatang langka lain di tempatmu? :)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar