Kamis, 01 Mei 2014

Danau Dua Rasa Labuan Cermin Kalimantan Timur

Ini yang lebih kecee.. :D
Indonesia memiliki keanekaragaman keindahan. Dari panorama gunung hingga pantai, dari Sabang hingga Merauke. Pesonanya yang indah dan sungguh menawan. Beberapa ada yang memilki keunikan, salah satunya adalah Labuan Cermin yang treletak di Propinsi Kalimantan Timur.

Sebuah Danau dengan luas 2 hektar yang terletak di kampung Biduk-biduk kabupaten Berau Propinsi kalimantan Timur ini keunikan alam seperti adanya hayati laut di sebuah danau dan memilki air dengan dua rasa. Diantara rerimbunan pohon, danau yang memilki air jernih kehijauan bagaikan cermin yang menampakkan keindahan alam dibawahnya. Di bagian atas danau, air terasa tawar karena bersumber dari mata air yang keluar dari celahcelah batu. Namun, beberapa meter di bawahnya, air terasa asin karena berasal dari air laut.

Kedua jenis air ini tidak bercampur. Bila menyelam beberapa meter, Anda akan menemukan sebuah batas lapisan antara keduanya. Bahkan, mentari yang menyinari danau akan kembali dipantulkan cahayanya bak cermin. Tidak cuma itu, beragam spesies ikan air tawar dan laut, seperti kakap, ikan warna, ikan tulang, ikan putih yang berenang di antara kayu dan batu semakin menambah keeksotisan danau tersebut.

Diperlukan jarak tempuh sekitar 6 – 7 jam dari Tanjung Redeb ibukota Kabupaten Berau untuk sampai ke Kampung Biduk-biduk. Sesampai disana anda bisa menemukan deretan homestay yang siap menerima anda. Sebelum menuju objek wisata Labuan Cermin, ada baiknya Anda mempersiapkan diri dengan perlengkapan menyelam yang bisa disewa di sekitar dermaga dengan harga yang terjangkau. Karena dijamin tidak hanya menyegarkan, Anda pun tidak akan ingin melewatkan begitu saja keanekaragaman biota bawah air. Bertolak dari dermaga, perahu menyusuri muara selama 20 menit untuk bisa tiba di ujung danau.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar