Kamis, 01 Mei 2014

GROJOGAN SEWU TAWANGMANGU KARANGANYAR JAWA TENGAH

Salah satu andalan objek wisata di Karanganyar yaitu Air Terjun Grojogan Sewu. Air terjun ini terletak di Eks Karesidenan Surakarta yaitu di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.
Berada di kaki Gunung Lawu dan merupakan bagian Hutan Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu yang  memiliki area seluas kurang lebih 20 hektar.
Kawasan Air Terjun Grojogan Sewumemiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat ini. Ketinggian air terjun yang mencapai 81 meter ditambah udaranya yang segar dan berhawa sejuk membuat tempat wisata Jawa Tengah ini menjadi primadona bagi sebagian wisatawan baik daerah maupun luar kota.

Pertama kali Anda menginjakkan kaki di air terjun ini, Anda akan disambut oleh monyet-monyet liar penghuni hutan air terjun ini. Meskipun monyet-monyet ini lucu, namun sangat disarankan agar Anda tetap berhati-hati dengan barang bawaan Anda. Sebelum memasuki gerbang masuk air terjun, belilah beberapa bungkus kacang untuk diberikan kepada para monyet-monyet.

Untuk mencapai dasar Air Terjun Grojogan Sewu, Anda akan melewati anak tangga yang sudah disediakan. Meskipun jalur yang dilewati terasa aman, Anda diharuskan tetap berhati-hati. Gunakanlah sepatu/alas kaki yang khusus untuk kegiatan outdoor, karena jalur yang akan Anda lalui sangat licin. Dalam perjalanan, Anda akan melewati beberapa pondok/gazebo yang memang sengaja disediakan untuk para wisatawan sebagai tempat beristirahat.
Sesampai di dasar air terjun, Anda akan terpesona dengan kecantikan Air Terjun Grojogan Sewu. Pemandangan pohon-pohon pinus yang rimbun dan deburan suara air terjun akan membuat Anda merasa nyaman dan mengantuk. Karena berada di kaki Gunung Lawu yang memiliki curah hujan yang cukup tinggi, air terjun ini memiliki udara yang segar dan sejuk.

Debit air yang relatif deras, disarankan agar Anda tidak mandi tepat di bawah air terjun. Namun Anda tetap bisa bermain air di aliran air terjun tersebut. Jika Anda ingin berenang, terdapat 2 buah kolam yang bisa Anda gunakan. Selain itu, bagi Anda yang gemar treking, Anda bisa mencoba menjelajah bukit-bukit di sekitar air terjun.

Beberapa fasilitas serta akomodasi yang ada di Air Terjun Grojogan Sewu yaitu kolam renang, pedagang makanan, warung makan, kamar mandi ganti, tempat ibadah, persewaan kuda dan toko souvenir. Jika Anda ingin membeli oleh-oleh untuk kerabat atau keluarga Anda, Anda bisa membelinya di pasar Tawangmangu di depan Terminal Tawangmangu. Tersedia juga penginapan kelas melati dan villa serta resort di sekitar Tawangmangu.

Air Terjun Grojogan Sewu berada di lereng Gunung Lawu, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.
only indonesia...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar