Jumat, 23 Mei 2014

MEMANJAKAN MATA DI KETEP PASS MAGELANG JAWA TENGAH

Pulau Lengkuas merupakan salah satu dari deretan Pulau yang mengelilingi Pulau Belitung, Pulau kecil yang berukuran tidak mencapai satu hektar ini memiliki keindahan yang sangat mempesona. Disekitar Pulau akan banyak dijumpai batuan granit di pantai dangkal yang berkombinasi dengan indahnya pasir putih. Air laut yang jernih membuat ikan-ikan laut yang berada diantara karang-karang laut akan mudah kita lihat dan nikmati dengan cara berenang, menyelam ataupun dengan snorkling. Tidak hanya disekitar pantai, ditengah pulau akan banyak ditemui pepohonan yang bisa kita gunakan sebagai tempat berteduh ataupun istirahat sembari menikmati keindahan pulau.

Di Pulau Lengkuas ada sebuah menara mercusuar sebagai mahkota dari Pulau lengkuas. Bangunan Belanda yang dibangun sejak tahun 1882 dengan tinggi sekitar 50 meter dan mempunyai 17 lantai ini menjadikan spot terbaik untuk menikmati keindahan pulau lengkuas dan keindahan disekitar pulau serta pengunjung bebas untuk menaiki mercusuar ini. Memerlukan sedikit usaha untuk bisa mencapai puncak dari mercusuar. Tetapi ketika mencapai diatas, semua usaha akan terbayarkan dengan keindahan alamnya.

Hanya ada 3 orang penghuni di Pulau Lengkuas yang berprofesi sebagai operator mercusuar. Untuk sarana kebersihan telah disediakan fasilitas toilet, tetapi harus digunakan dengan bijaksana, karena untuk persediaan air tawar di Pulau Lengkuas tidak begitu banyak. Karena menurut cerita dari penghuni pulau, air tawar tersebut didapat dari tampungan air hujan. Apabila saat musim kemarau, air tawar disuplay dari Pulau Belitung yang jaraknya cukup jauh.

Untuk berkunjung di Pulau Lengkuas, ada baiknya pada bulan Maret sampai bulan November. Karena pada bulan tersebut cuaca dalam keadaan baik dan ombak tidak begitu besar sehingga anda akan dengan tenang menikmati keindahan selama perjalanan ke Pulau Lengkuas.

Pulau Lengkuas dapat ditempuh dengan perahu dari Tanjung Binga. Dengan menyewa perahu berkapasitas mencapai 30 – 40 orang dan memakan waktu perjalanan sekitar 30 – 45 menit. Dalam perjalanan ke Pulau Lengkuas dari Tanjung Binga terdapat Pulau Burung yang mempunyai keunikan yaitu batu granit yang menyerupai burung.
Semoga bermanfaat..
Wisata Sumatera

Tidak ada komentar :

Posting Komentar