Sabtu, 03 Mei 2014

Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2014

Bangun Indoensia Yang Unggul Melalui Ilmu :)
Hari Pendidikan Nasional 2014 (Hardiknas) yang jatuh pada Jumat, 2 Mei 2014 bukan hanya sekadar peringatan hari kelahiran . Tahun ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh mencetuskan tema “Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul”.
Ki Hajar Dewantara

Pada tanggal 2 Mei setiap tahunnya, kita mengenang kelahiran Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Perintis Pendidikan Nasional. Jasa beliau terhadap dunia pendidikan demikian besar. Semasa hidup, Ki Hajar Dewantara senantiasa menggaungkan kebebasan belajar untuk kaum pribumi, hingga pada tahun 1882 tercetuslah ide mendirikan sekolah Taman Siswa.

Perguruan Taman Siswa sendiri merupakan lembaga pendidikan yang membuka kesempatan bagi orang-orang pribumi dari kalangan bawah untuk memperoleh hak pendidikan yang setara dengan para priyayi dan orang Belanda. Dengan demikian, ilmu bukan hanya milik kaum elite, melainkan milik semesta dan bisa dipergunakan untuk semesta pula.

Peringatan Hardiknas hendaknya digunakan sebagai momentum demi memperkokoh kesadaran bangsa tentang pentingnya pendidikan yang bermutu. Ketika seluruh rakyat Indonesia telah sadar akan hal ini, mereka akan bersatu dan berkomitmen penuh untuk membantu terciptanya pendidikan berkualitas yang nantinya memberi faedah demi kemajuan bangsa di masa depan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sendiri telah mencanangkan tema ‘Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul’ untuk Hardiknas tahun ini. Disebutkannya, pencanangan tema ini akan membuat bangsa Indonesia menyadari pendidikan bukan hanya untuk membahas masalah kekinian yang sifatnya teknis. Lebih dari itu, pendidikan digunakan sebagai sarana ‘memanusiakan manusia demi membangun peradaban bangsa yang unggul.
Sidomi.com

Tidak ada komentar :

Posting Komentar